About

.....:::::Selamat datang di Blog nOt3 SCHOOL.TALK LESS DO MORE::::....

Selasa, 22 Februari 2011

FUNGSI DAN ARRAY C++

1. a. Pengertian dan perbedaan dari fungsi dan prosedur :

* Fungsi adalah suatu jenis pembagian program kedalam bagian-bagian yang lebih kecil yang dinamakan subrutin ataupun subprogram. Yang mana pada Fungsi memiliki nilai balik ketika subrutin tersebut dipanggi. Beberapa tipe fungsi pada Fungsi berupa int, double, dan sebagainya.
* Prosedur merupakan jenis pembagian yang sama dengan Fungsi, hanya saja pada prosedur tidak menghasilkan nilai balik ketika subrutin dipanggil. Oleh karena itu prosedur sering juga disebut sebagai Fungsi tanpa nilai balik. Prosedur ditulis dengan bagian tipe fungsi berupa void (void berarti tanpa nilai balik).

b. Manfaat pengunaan fungsi :

* Mempermudah pengelolaan atau pengembangan program mengingat setiap subrutin memiliki kode yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan kode program secara keseluruhan yang disusun tanpa melibatkan subrutin.
* Dapat digunakan untuk mengurangi jumlah kode akibat sejumlah kode yang sama digunakan beberapa kali dalam program.
* Menjadikan program lebih bersifat modular sehingga akan mudah dipahami dan dapat digunakan kembali, baik untuk program itu sendiri maupun untuk program lain yang memiliki proses yang sama.

c. Penggunaan dari fungsi :

Dalam membuat fungsi kita harus mendefenisikan tipe data dari nilai yang akan dikembalikan.

Bentuk umum dari fungsi adalah :

tipe_data nama_fungsi(nilai_parameter1, nilai_parameter2, …);

{

statemen_yang_akan_dilakukan;





return nilai_yang_akan_dikembalikan;

}

d. Fungsi dapat menghasilkan output (return value) artinya suatu fungsi terdiri dari parameter yang dapat digunakan sebagai nilai masukan dalam fungsi tersebut, nilai tersebut kemudian akan diproses oleh fungsi untuk menghasilkan sebuah nilai kembalian atau yang disebut dengan return value.

2. Macam-macam Array:

* Array satu dimensi

Merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses hanya melalui 1 indeks atau subskrip.

Bentuk umum pendeklarasian:

nama_array[jumlah_eleman];

* Array dua dimensi

Merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui 2 indeks atau subskrip yaitu indeks baris dan indeks kolom.

Bentuk umum pendeklarasian:

nama_array[jumlah_eleman_baris][jumah_eleme_kolom];

* Array multidimensi

Merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui banyak indeks atau subskrip. Array seperti ini biasa digunakan untuk matik, array 2 dimensi juga termasuk kedalam array multidimensi.

3. Keuntungan penggunaan array sebagai tipe data dibandingkan dengan penggunaan tipe data yang lain adalah kemampuannya yang dapat mengumpulkan beberapa data yang bertipe sama dalam satu variabel, sehingga dalam pembuatan program yang terdiri dari beberapa tipe yang sama, tidak membutuhkan banyak variabel.

4. Jika a adalah sebuah variabel dimana :

* char a[15] = “informatika”
* char b = a[5]
* char c = a[12]

1. Maka isi dari adalah b adalah m karena bentuk umum dari arrray yaitu variabel[indeks], b=a[5] menunjukkan bahwa b sama dengan nilai variabel a pada indeks ke5.

2. Maka isi dari adalah c adalah /0 karena pada variabel a dengan indeks 12 tidak terdapat karakter atau bernilai kosong, maksud dari /0 adalah menyatakan bahwa indeks tersebut bernilai kosong.

5. Array sebagai parameter fungsi maksutnya adalah suatu array dapat berfungsi sebagai parameter dalam suatu fungsi. Bedanya dengan parameter yang lain terletak pada fungsi array sendiri yang dapat menyimpan sejumlah nilai dengan tipe yang sama.

Cara mempassing array harus menggunakan passing dengan pointer. Hal ini dikarenakan array sendiri adalah pointer. Secara umum dapat dikatakan bahwa pengiriman variabel pointer dalam parameter fungsi harus selalu menggunakan passing dengan pointer. Pengubahan isi array pada fungsi sama dengan mengubah isi array yang ada difungsi utama.



4. Fungsi yang mengembalikan nilai terbesar dari 3 buah integer :

terbesar

0 komentar:

Posting Komentar