About

.....:::::Selamat datang di Blog nOt3 SCHOOL.TALK LESS DO MORE::::....

Selasa, 01 Maret 2011

INTRUKSI C++

Secara garis besar hanya ada tiga macam kategori intruksi utama, yaitu runtunan (sequential), intruksi  pemilihan (selection), intruksi perulangan (repetition).

  1. Intruksi Runtutan
Intruksi runtutan adalah intruksi yang dikerjakan secara beruntun atau berurutan baris per baris mulai baris pertama hingga terakhir, tanpa ada loncatan atau perulangan.
  1. Intruksi Pemilihan
Intruksi pemilihan adalah intruksi yang dipakai untuk memilih satu aksi dari beberapa kemungkinan aksi berdasarkan suatu persyaratan.
Intruksi pemilihan terbagi atas:
a.      Intruksi if/then/else
Digunakan untuk memilih alternatif apabila suatu syarat atau kondisi dipenuhi ( 1 kasus), atau memiliki satu alternatif dari dua kemungkinan berdasarkan apakah syarat terpenuhi atau tidak (2 kasus).

b.      Case
Digunakan sebagai intruksi pemilihan dimana aksi yang akan dilakukan hanya bergantung pada nilai dari satu macam variabel. Dengan kata lai, variabel yang menentukan ini mungkin memiliki banyak macam nilai dan setiap nilainya berkaitan dengan satu macam aksi.
  1. Intruksi Perulangan (Repetition)
Intruksi perulangan adalah intruksi yang dapat mengulang pelaksanaan sederetan intruksi-intruksi lainnya berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan.
Struktur intruksi perulangan pada dasarnya terdiri atas:
-          Kondisi perulangan
-          Badan (body)
-          Pemecah (counter)

Ada empat macam bentuk intruksi perulangan yang biasa ditemukan dalam program, yaitu
·                     While
·                     do while
·                     for
·                     repeat until

0 komentar:

Posting Komentar